Tuesday, March 30, 2010

KEPEMIMPINAN KRISTEN


Judul buku : Kepemimpinan Kristen
Pengarang : Sendjaya
Penerbit : Kairos

Ada banyak sekali konsep kepemimpinan, namun bagaimanakah kepemimpinan Kristiani itu? Terkadang dalam memimpin sesuatu, kita melupakan visi yang akan dicapai. Bisa dibayangkan bila seorang pemimpin melupakan visi, bagaimana dengan pengikutnya, tentu akan kehilangan arah dan tujuan dalam melakukan tugasnya. Hal kedua yang telah lama lenyap dari dalam diri pemimpin Kristen adalah akuntabilitas. Seorang pemimpin yang seharusnya menjadi pilar moral dan spiritual bagi masyarakat umum, justru menjadi batu sandungan iman yang sangat serius. Lalu yang ketiga adalah pemberdayaan, hal ini juga telah lenyap dari pemimpin Kristen, dimana banyak gereja yang memperlakukan umatnya sebagai pasien pengunjung klinik stress, dan bukan seseorang yang harus diberdayakan dan diperlengkapi. Dan terakhir, adalah kepemimpinan yang melayani, Yesus mengajarkan tentang “servant leadership”. Namun kenyataannya, banyak pemimpin yang ingin dilayani bukan melayani, dimana hal ini merupakan tidakan yang salah di mata Tuhan.

Seorang pemimpin Kristen harus menggumulkan visi pribadi secara benar, yang merupakan perpaduan dari 3 elemen, yaitu Allah : kehendak dan beban dari Allah, diri kita : talenta dan kapasitas yang Allah berikan, lingkungan : kebutuhan zaman yang Allah tunjukkan. Dalam konteks panggilan Nehemia, ada urutan yang sangat patut untuk dicontoh yaitu menerima panggilan Allah, menggumuli panggilan Allah, mengkonkretkan panggilan Allah, dan menjalani panggilan Allah.

Seorang pemimpin Kristen, bukan hanya harus memiliki visi, integritas, stamina, wawasan, dst, karena pemimpin lainnya pun memilki semua ini, namun terlebih dari itu, seorang pemimpin Kristen adalah pemimpin yang rela dipimpin ke tempat yang tidak ingin ia tuju, ke tempat yang ia tidak inginkan, ke tempat yang penuh penderitaan, serta pemimpin yang mengandalkan penyerahan diri secara total kepada Allah untuk mencapai kehendak-Nya dalam dan melalui diri pemimpin. Seorang pemimpin Kristen harus mengerti bahwa ia adalah seorang manusia berdosa dalam dunia yang berdosa dan menyadari bahwa segala hal yang melekat pada dirinya adalah anugerah Allah, sehingga ada kebergantungan total hanya kepada Allah saja.

No comments:

Post a Comment