Tuesday, March 30, 2010

THE SOVEREIGNTY OF GOD


Judul buku : The Sovereignty of God
Penulis : Arthur W. Pink
Penerbit : Penerbit Momentum
Jumlah Halaman : 215

Apa yang akan anda jawab apabila anda ditanya, “Siapakah yang mengontrol kehidupan di atas bumi sekarang ini ― Allah ataukah Iblis”?
Ada banyak sekali hal yang membuat kita bisa menyingkirkan Allah dan kedaulatanNya atas ciptaanNya. Kita melihat banyak sekali tindakan kriminal, kemiskinan, ketidakadilan, yang seharusnya tidak akan pernah terjadi apabila semua ini berada dalam kendali Allah. Akan tetapi, benarkah itu semua mengakibatkan kedaulatan Allah hilang lenyap dari atas bumi ini?

Kedaulatan Allah pernah menjadi suatu kekuatan bagi orang Kristen di masa lalu. Tetapi sekarang, kedaulatan Allah tidak lagi menjadi dasar pengharapan dari orang Kristen. Banyak dari kita yang pesimis, apatis, tidak berpengharapan, menganggap bahwa Allah hanya sekadar “menonton” dunia ini tanpa ada tindakan. Namun, kesalahan terbesar justru terletak di dalam diri kita. Kita terlalu berpikiran sempit sehingga tidak mampu melihat kedaulatan dan kendali Allah atas dunia ini. Kita terlalu berfokus pada fakta yang kita lihat dan terlalu menekankan pentingnya tanggung jawab dari manusia untuk mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Akan tetapi, kita sama sekali jarang, atau bahkan tidak pernah, melibatkan Allah, yang adalah pencipta dan pemilik bumi beserta isinya, alam semesta beserta benda angkasanya. Kita memakai standar dunia yang sama sekali berbeda dengan standar Allah.

Buku ini menekankan akan makna kedaulatan Allah, yang sudah seringkali kita singkirkan dari pemahaman kita. Allah berdaulat tidak hanya di Sorga, tetapi juga atas semua ciptaanNya. Allah berdaulat dalam menjalankan kuasaNya, mendelegasikan kuasaNya kepada manusia, melaksanakan kemurahanNya, dan melaksanakan anugerahNya.

Buku ini juga mengajak kita menyelami kedaulatan Allah dalam penciptaan, memerintah, karya keselamatanNya, bagaimana Ia berkarya, kaitannya dengan kehendak manusia, dan dalam doa. Kita juga diajar bagaimana memiliki sikap yang benar dan berkenan seiring dengan bertambahnya pemahaman kita mengenai kedaulatan Allah. Doktrin ini adalah salah satu doktrin penting yang harus dimiliki oleh orang Kristen untuk memperlengkapi diri. Berharap kiranya buku ini semakin menguatkan iman dan penharapan orang percaya. Soli Deo Gloria.
“Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana” (Ams. 19:21)

No comments:

Post a Comment