Tuesday, March 30, 2010

The Srewtape Letters


Judul Buku : The Screwtape Letters
Pengarang : Clive Stapes Lewis
Penerbit : Pionir Jaya
Tebal Buku : 210 halaman

Buku ini merupakan salah satu buku terbaik yang pernah ditulis oleh C. S. Lewis diantara 30 buku lainnya yang menarik banyak pembaca. Beberapa bukunya yang termasyur diantaranya : the Chronicles of Narnia, The Cosmic Trilogy, The Four
Loves, The Screwtape Letters, dan Mere Christianity.

Buku ini berisi serial surat antara setan tua (screwtape) dengan keponakannya yang masih junior (wormwood). Surat ini berisi cara-cara mutakhir bagaimana si setan junior diajarkan cara terbaik untuk menggoda “pasien” manusianya. Plot ini digunakan oleh Lewis untuk menggambarkan begitu banyak dosa dan pergumulan manusia yang dihadapi dalam kehidupan keseharian manusia.

Begitu banyak kejatuhan dan kegagalan manusia yang dipaparkan secara jujur dan lugas dalam buku ini. Diawali dengan kehidupan nyata, kebiasaan, intelektual, kepemilikan, arti kasih, kesetiaan pada gereja, godaan “cinta” dan seksual, kebajikan semu, kesenangan untuk dibanggakan, lelucon/humor.

Buku ini membukakan dengan sangat jujur bagaiamana setan dapat memakai dua ekstrem yang paling nyata dalam kehidupan manusia, ekstrem manusia yang tidak mengakui keberadaan setan, dan ekstrem lainnya manusia yang sangat percaya kepada setan, sampai mengagung-agungkannya.

No comments:

Post a Comment