Wednesday, February 3, 2010

BOYS MEETS GIRL

(by Roro Galihwinangi)

Judul : Boy Meets Girl

Pengarang: Joshua Harris

Penerbit : Lembaga Literatur Baptis


Buku ini seperti kelanjutan dari buku Joshua Harris sebelumnya, I Kissed Dating Goodbye. Kalau dalam buku sebelumnya penulis menceritakan secara khusus kepada para jomblo untuk menahan diri tidak berkencan sampai waktuNya tiba (walaupun sebenarnya topik dalam buku tersebut tidak hanya itu – meninggalkan kencan), maka dalam buku ini penulis menceritakan bagaimana kalau waktuNya tersebut tiba. Bagaimana menjalin hubungan khusus dengan lawan jenis yang sesuai dengan kehendak Allah pada saat yang tepat, dengan laju yang sehat, serta arah dan tujuan yang jelas.


Penulis membagi bukunya menjadi tiga topik besar. Pertama, penulis mendefinisikan prinsip dasar dalam menjalin hubungan khusus dengan lawan jenis. Bagaimana percintaan yang dipimpin oleh hikmat akan membawa kita pada percintaan yang cermat, yang dituntun Allah. Seperti layangan yang dibawa oleh angin cinta kasih romantis, namun tetap ada tali hikmat yang menarik ke bawah, yang tetap manjaga agar percintaan tersebut berjalan secara wajar dan sehat. Kedua, penulis memberikan hal-hal praktis tentang hal-hal yang sebaiknya dilakukan pada saat kita berada dalam tahap menjalin hubungan khusus dengan lawan jenis. Belajar bagaimana menjadi semakin dekat, tapi tetap menjaga hati dalam persahabatan, komunikasi, persekutuan, percintaan, sampai menjaga kekudusan untuk menuju kehidupan seks dalam pernikahan. Ketiga, penulis menolong pasangan untuk semakin serius untuk melangkah menuju pernikahan dengan cara menghormati Tuhan, dan dengan anugerah Allah yang menjadi sumber utama keyakinan kita untuk menyatukan hati dan hidup dalam janji nikah.


Penulis mengunakan banyak kasus percintaan yang dialami oleh orang-orang disekitarnya dan analogi-analogi lain, namun tidak mengesampingkan Firman Tuhan yang harus disampaikan, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami tujuan dan isi buku ini.


Buku ini sangat baik bagi para pembaca dalam kondisi apapun: jomblo, sedang mendekati seseorang, atau sedang berhubungan serius. Buku ini akan mendorong cara berpikir pembaca dan secara sehat menguji kebenaran asumsi yang selama ini pembaca pegang.

2 comments:

  1. Cie..cie..cie..yg nulis yg udah ketemu "Boy"nya & bentar lagi mo nikah nih. Ditunggu undangannya ya, Ro..hehe..

    Btw, hebat ya PO FE UI punya blog segala. udah makin cangcing aja nih. Semangat terus melayani-Nya.

    ReplyDelete
  2. ada ga bukunya Joshua Harris yg judulnya "sex is not problem (lust is)"?
    thx yaa

    ReplyDelete