Friday, May 28, 2010

Bukan Sekedar Kuliah


Judul Buku:Bukan Sekedar Kuliah
Penulis :Jerry White

Bagian pendahuluan buku ini sudah cukup membuat terhenyak. Penulis mengatakan bahwa ia melihat banyak mahasiswa Kristen ingin menunaikan tugas mereka dengan baik di kampus, baik itu studi maupun pelayanan, tetapi tekanan waktu dan kurangnya pengetahuan tentang metode belajar membuat mereka tidak dapat mencapai hasil tersebut.

Pertanyaan mendasar pertama yang coba dijawab bersama adalah mengapa kita berkuliah. Motivasi yang benar serta petunjuk dari ALLAH akan menjadi pondasi yang kuat dalam usaha meraih sukses dalam kuliah. Hidup kita memang lebih dari sekedar buku buku dan pendidikan. Tetapi saat ini Allah telah menempatkan kita di seputar buku buku dan pendidikan, sehingga kita perlu tahu bagaimana menangani hal itu.

Strategi bisa berbeda beda, namun hal pertama yang dibukakan dalam buku ini adalah prinsip prinsip berkuliah. Ada 11 prinsip umum berkuliah yang sebenarnya kita pasti sudah pernah mendengarnya, namun disampaikan secara lebih detail dan khusus beserta implikasi prinsip tersebut dalam kehidupan perkuliahan. Prinsip ini bersifat umum sehingga dapat diterapkan di semua mata kuliah dengan pendekatan yang berbeda juga dengan cara cara khusus yang berbeda untuk tiap orang. Setelah menguraikan prinsip, selanjutnya beralih kepada strategi dalam perkuliahan. Walaupun strategi yang dikemukakan cenderung sulit dipraktekkan karena setiap mahasiswa mempunyai cara belajar yang berbeda namun satu hal yang penting dalam keberhasilan studi adalah rencana atau penjadwalan yang akhirnya memberikan kebebasan bukan malah pembatasan. Strategi strategi yang dikemukakan dapat dicoba dan disesuaikan dengan gaya dan kepribadian kita masing masing. Strategi di sini juga direfleksikan dalam membuat target untuk diri kita sesuai dengan hasil analisis diri kita masing masing. Target ini bukan dibuat agar kita memegahkan diri, sebaliknya nilai yang baik dapat memberi kesaksian yang baik dan pengertian tentang pencapaian. Ketika kita mengerjakan sesuatu dengan baik, sesungguhnya kita sedang mendemonstrasikan berkat Allah dalam kehidupan kita.

Satu bagian menarik dari buku ini yang juga sering menjadi pergumulan para pengurus dan pelayan persekutuan mahasiswa adalah keseimbangan antara kuliah dan pertumbuhan rohani. Baik studi maupun pelayanan dan kegiatan rohani adalah dua hal yang sama sama diperlukan. Allah menempatkan kita di kampus untuk belajar dan melayani, bukan salah satu tapi keduanya. Oleh sebab itu studi haruslah menjadi pertimbangan kita ketika menentukan beban kegiatan pelayanan kita, bagaimana menangani tuntutan studi atau pelayanan yang berlebih, serta bagaimana mengatasi konflik di antara keduanya. Ada catatan khusus yang menyatakan bahwa mahasiswa yang tidak dapat melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik, misalnya di studi, pada gilirannya pun akan gagal untuk menjalankan kepemimpinan dimana pun termasuk di pelayanan.

Mewujudkan kuliah yang bukan sekedar kuliah bukan hal yang mudah. Tekad, usaha, serta disiplin merupakan syarat untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan tersebut tidak lain seperti yang disampaikan dalam kolose 3:23, “apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu, seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”(Ruth Nikijuluw)

No comments:

Post a Comment