Friday, May 28, 2010

Don't Waste Your Life


Judul buku: DON’T WASTE YOUR LIFE
Penulis: John Piper

“Barangsiapa kehilangan nyawanya karena AKU dan Injil, akan menyelamatkannya”. Dengan kata lain, akan lebih baik kehilangan hidup kita daripada menyia-nyiakannya. Fokus utama dalam kehidupan bukanlah melarikan diri dari penderitaan, tapi bagaimana membuat hidup kita menjadi berati: memuliakan dan menikmati Allah, dan menghidupi hidup yang telah dibayar mahal oleh darah Kristus di kayu salib. Hidup kita bukanlah milik kita lagi, melainkan milik Dia dan seharusnya bukan Pencipta yang memiliki kawajiban kepada kita, tetapi sebaliknya.

Salah satu outcome dari usaha kita untuk tidak menyia-nyiakan hidup adalah perbuatan baik yang kita kerjakan. Tapi setiap perbuatan baik harus merupakan suat penyataan dari kemuliaan Allah. Yang menjadikannya baik bukanlah perbuatan itu sendiri, melainkan hasrat dan pengorbanan untuk menjadikan Allah sendiri dikenal sebagai Allah yang mulia. Bukan hanya mengagumi hidup yang kita nikmati, tapi lebih lagi, yakni memuliakan-Nya.

Mungkin kadang kita berpikir, iman adalah anugerah dan kita telah dibenarkan oleh iman. Pemahaman ini tidak salah, tapi bagaimana kemudian menjelaskan bahwa kita memiliki iman teguh tapi ternyata kita masih memiliki hidup yang belum diubahkan??

Berbeda dengan buku Mere Christianity yang banyak membukakan pemikiran kita mengenai hal-hal asali, dalam buku ini, Piper lebih banyak memberi petunjuk tentang hidup yang berarti; tidak disia-siakan, dan memliki hasrat penuh hanya bagi Sang Pemberi Hidup. Ia juga banyak mengambil kisah Paulus yang sangat militan dan memiliki hasrat yang tidak pernah surut untuk memuliakan Allah.(Ika – akun 06)

No comments:

Post a Comment