Friday, May 28, 2010

MERE CHRISTIANITY


Judul buku:MERE CHRISTIANITY
Penulis: C S Lewis

Ini adalah salah satu buku yang wajib dibaca orang Kristen! Lewis memang penulis yang bisa memaparkan buah pikirannya dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan gampang dimengerti (tapi bukan berarti kita gak bakal bingung pas baca buku ini). Aku sendiri cukup bingung saat membaca bab-bab awal, tapi ke belakang, semua topik semakin jelas dan semakin membuka pemikiranku bahkan yang tesimpan di bawah alam sadarku. Buku ini berasal dari siaran radio yang dilakukan Lewis dan kemudian beliau membukukannya.

Apa arti Mere Christianity? Kekristenan Asali, bukan untuk mempertanyakan atau memperdebatkan atau bahkan menguji konsep keKristenan yang selama ini kita yakini –selama kita benar-benar telah ‘menggumulkan’ konsep tersebut dengan benar-. Tapi lebih kepada membukakan pemkiran-pemikiran manusia Kristen yang sangat mendasar: benar dan salah sebagai petunjuk bagi alam semesta, yang dipercaya oleh orang-orang Kristen, perilaku Kristen, dan melampaui batas kepribadian atau langkah-langkah pertama dalam doktrin Tritunggal.

Lewis sendiri pada masa mudanya pernah jatuh pada ketidakpercayaannya pada adanya Tuhan, alias atheisme. Tapi kemudian dalam buku ini, secara implisit dia kembali menyatakan kesalahannya karena mengabaikan eksistensi Penciptanya.

No comments:

Post a Comment