Friday, May 28, 2010

The Discipline of Grace


Judul buku : The Dicipline of Grace
Penulis : Jerry Bridges
Penerbit: Pionir Jaya

“HARI TERBURUK ANDA TAKKAN PERNAH SEDEMIKIAN BURUK SEHINGGA ANDA BERADA DILUAR JANGKAUAN ANUGRAH ALLAH. HARI TERBAIK ANDA TAKKAN SEDEMIKIAN BAIK HINGGA ANDA TIDAK MEMBUTUHKAN ANUGRAH ALLAH”
Kita menyadari kalau kita semua membutuhkan anugrah. Tanpa anugrah, kita tidak bisa memperoleh keselamatan melalui Yesus Kristus. Tapi “dibenarkan” hanyalah satu titik dimana selanjutnya kita akan menghadapi proses pengudusan. Mungkin kalau kita denger kata”kekudusan”, terdengar sesuatu pekerjaan yang sangat berat. Karna sering kali kita berpaling dari anugrah kepada disiplin.
Penulis menjabarkan bagaimana seharusnya disiplin rohani dilakukan atas dasar sukacita karna anugrahNYA. Terkadang seringkali kita melakukannya atas dasar “kinerja kita” yang pada akhirnya menjadi “kesombongan rohani” (karna lebih baik dari orang disekitar kita) lalu berakhir pada “kerohanian yang mandek”, karna sering kali memakai standar manusia padahal seharusnya memakai standar ALLAH yang menginginkan kita menjadi serupa dengan AnakNYA. Dimana akhirnya kekudusan dikerjakan atas dasar anugrah dan dikerjakan selama kita hidup.
Sistematika buku ini bagus lo..diawali dengan (bahasaku: fondasi awal) definisi dari keselamatan-kemudian anugrah dan akhirnya membahas tentang disiplin itu sendiri..
Berharap bahasan buku ini bisa jadi intropeksi ke diri kita masing-masing.. Mungkin saat ini kita melakukan disiplin rohani yang mulai bergantung kinerja kita sendiri!

(Tips dari buku: jangan lupa untuk menginjili diri kita sendiri^^)

No comments:

Post a Comment