Friday, April 30, 2010

Praying God’s World



Judul : Praying God’s World
Pengarang : Beth Moore

Buku ini berisi tentang bagaimana berdoa sesuai dengan firman di dalam Alkitab. Penulis berusaha menjabarkan bagaimana cara berdoa serta memberikan contoh doa itu sendiri yang langsung di ambil dari ayat Alkitab. Maksud dari cara berdoa di sini adalah bagaimana sebagai orang percaya berdoa yang isi dan maksud dari doanya sesuai dengan firman Allah. Penulis menjelaskan hal tersebut secara gamblang dalam 15 pasal. Pasal-pasal tersebut merupakan satu tema doa yang berbeda-beda. Maksudnya kelima belas pasal tersebut menjelaskan bagaimana cara pandang orang percaya terhadap masalah yang sedang dihadapi dan membawanya di dalam doa yang disesuaikan dengan ayat-ayat di Alkitab. Penulis menggambarkan masalah itu sebagai sebuah benteng yang harus dilewati. Penulis menjelaskan bahwa setiap orang memiliki benteng-benteng yang berbeda-beda satu sama lain. Sehingga bisa dikatakan bahwa begitu banyak benteng-benteng masalah tersebut. Tetapi, di dalam buku ini, penulis hanya mejelaskan beberapa benteng masalah. Menurut saya sendiri benteng-benteng yang di jelaskan dalam buku ini sangat umum dan bisa dikatakan semua orang pernah menghadapi benteng tersebut.

Ada 14 benteng masalah yang dijelaskan yaitu:
1. menaklukkan peyembahan berhala
2. menaklukkan ketidakpercayaan
3. menaklukkan kesombongan
4. menaklukkan kebohongan
5. menaklukkan persaan tidak aman karena merasa tidak dicintai
6. menaklukkan perasaan ditolak
7. menaklukkan kecanduan
8. menaklukkan benteng soal makanan
9. menaklukkan perasaan bersalah yang berlarut-larut
10. menaklukkan putus asa karena peristiwa kehilangan
11. menaklukkan ketidakmampuan mengampuni
12. menaklukkan depresi
13. menaklukkan benteng seksual
14. menaklukkan si musuh

Dalam masing-masing pasal (benteng masalah), penulis terlebih dahulu menjelaskan bagaimana pandangan Alkitab terhadap benteng-benteng masalah tersebut dan bagaimana seharusnya seorang yang percaya menghadapi atau menaklukkan benteng masalahnya. Kemudian dicantumkan ayat-ayat Alkitab yang dapat menjadi pedoman bagi kita untuk berdoa dalam menaklukkan benteng-benteng masalah itu. Sehingga di dalam buku ini, cukup banyak dicantumkan ayat-ayat Alkitab sebagai pedoman berdoa. Sebagai contoh:

o Menaklukkan ketidakmampuan untuk mengampuni
Setiap orang percaya memiliki banyak tantangan untuk mengampuni. Tetapi, perlu diingat bahwa kita dipanggil juga untuk dapat mengampuni. Yesus sendiri telah memberikan teladan pengampunan yang luar biasa kepada manusia. Oleh karena itulah, pengampunan juga dapat dikatakan sebagai suatu pelayanan yang semua orang percaya berjuang dalam melakukannya. Pada dasarnya, orang sulit mengampuni karena ada rasa sakit hati atau terluka. Ketika rasa terluka itu terus dipendam dan tidak ada pengampunan, itu dapat mejadi suatu kesempatan bagi si iblis untuk mempengaruhi kita. Sehingga pada akhirnya akan menjadi kanker rohani di dalam diri kita. Sehingga sangatlah penting ketika kita harus belajar mengampuni. Pengampunan itu sendiri adalah kemauan kita yang tegas dan disengaja untuk melepaskan sesuatu pergi. Pengampunan adalah tindakan yang terus-menerus yang melaluinya kita sepakat dengan Allah tentang hal tersebut, mempraktekan belas kasihan yang Ia telah berikan kepada kita, dan menyerahkan situasi, akibat-akibat, dan orang yang menimbulkan luka hati itu kepadanya. Sehingga melalui pengampunan kita diajak juga untuk mendoakan orang yang telah melukai hati kita itu. Sebagai contoh ayatnya tentang pengampunan:
“Ya Tuhan, firmanMu, memberitahukan aku bahwa ketika aku berdiri untuk berdoa, jika aku masih mengingat kesalahan orang lain, aku harus mengampuninya, supaya Engkau, Bapaku di sorga, boleh mengampuni dosa-dosaku (Mrk.11-25).

o Pasal yang lainnya dapat dibaca di buku ini.
Buku ini hanya menjelaskan bagaimana Alkitab berbicara tentang beberapa benteng masalah saja yang sangat terbatas, tetapi point penting yang perlu diingat adalah bagaimana kita bisa melihat benteng masalah kita dari perpektif Firman Tuhan, Alkitab dan berdoa atas benteng masalah itu sesuai dengan firmanNya agar kita dimampukan untuk menaklukkan benteng-benteng masalah tersebut.

No comments:

Post a Comment